Wisata Pulau Asiangi



Wisata Pulau Asiangi

Pulau Asiangi adalah salah satu pulau kecil tidak berpenghuni yang terletak di Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Sama halnya dengan Pulau Bitila, Pulau Asiangi juga memiliki biota laut yang asri, terdapat penangkaran berbagai jenis ikan hias dan dikelilingi oleh hutan bakau dengan hamparan pasir putih. Pulau Asiangi sendiri berjarak ± 3 mil dari batas pantai Kec. Tilamuta Kabupaten Boalemo.

Jarak dari Kota Gorontalo dengan Kecamatan Tilamuta cukup jauh, yang dimana nantinya untuk mencapai Pulau Asiangi kita harus melanjutkan perjalanan dengan menyebrang dari Pelabuhan Tilamuta. Diperkirakan jarak dari Kota Gorontalo sampai ke Pelabuhan Tilamuta berkisar 105 km. Untuk sampai di sana kita dapat menyewa mobil dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Sesampainya di Pelabuhan Tilamuta kita akan melanjutkan perjalanan ke Pulau Asiangi dengan menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh berkisar 1 jam.




Aktifitas yang dapat dilakukan di Pulau Asiangi ini meliputi :
- melajahi kekayaan bawah laut yang asri dengan keberagaman biota laut cantik yang ada,
- dapat menjelajahi pantai hutan bakau yang berada di sekitaran pulau.
- berenang
- berjemur di pantai cantik Asiangi.

fasilitas akomodasi atau penginapan di Pulau Asiangi sendiri tidak ada, mengingat Pulau Asiangi juga merupakan pulau tidak berpenduduk jadi anda dapat tinggal di hotel-hotel yang berada di daerah Kecamatan Tilamuta, seperti :
  1. Hotel Grand Amalia, berlokasi di Modelomo, Tilamuta, Boalemo.
    Fasilitas yang ditawarkan :
    - Full AC Room
    - TV LED 43 Inch
    - VIP Restourant
    - Meeting Room dengan kapasitas 100 orang
    - Free WIFI
    - Area Parking yang Luas
    - Cafe
  2. Hotel Citra Ayu, berlokasi di Jl. Siswa no.2 Desa Limbato, Tilamuta, Boalemo.
    Fasilitas yang ditawarkan :
    - TV LCD
    - Full AC Room
    - Free WIFI
    - Free Breakfast
Anda juga bisa berkemah di Pulau Asiangi, dengan catatan anda sudah harus mempersiapkan segala perlengkapan untuh berkemah. Seperti Tenda, Peralatan Masak, Makanan dan Minuman, Pakaian Ganti, Obat-Obatan, dll.

Komentar